Tingkah Para Wanita Quraisy yang Membuat Rasulullah Tersenyum

Pada suatu ketika Umar bin Khaththab pernah meminta izin kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam untuk bertamu kepada beliau yang saat itu ada beberapa wanita Quraisy yang sedang berbicara dengan beliau secara panjang lebar dan dengan suara yang lantang.

Setelah Umar meminta izin untuk masuk, maka para wanita itu bergegas berdiri dan bersembunyi di balik tirai. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mempersilahkan Umar masuk sambil tersenyum-senyum simpul.

Umar berkata, “Apa yang membuat Anda tersenyum Ya Rasulullah!”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Hai Umar, sebenarnya aku sendiri merasa heran dengan para wanita yang berada bersamaku tadi. Karena ketika mereka mendengar suaramu, maka mereka segera bersembunyi.”

Lalu Umar berkata, “Sebenarnya engkaulah yang lebih berhak mereka segani.”, kemudian ia menoleh ke tabir tempat para wanita bersembunyi dan berkata, “Hai orang-orang yang menjadi musuhnya sendiri, apakah kalian merasa segan kepadaku dan tidak segan kepada Rasulullah?”

Para wanita Quraisy itu pun menjawab, “Ya, karena engkau lebih keras dari Rasulullah!”

Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pun bersabda, “Demi jiwaku yang berada di tangan-Nya, sungguh tak ada syetan yang berpapasan denganmu di suatu jalan ya Umar, melainkan syetan tersebut akan berpaling ke jalan lain untuk menghindar dari jalanmu.”

(Kisah ini diambil dari HR. Muslim No. 4410)
Advertisements

2 responses to “Tingkah Para Wanita Quraisy yang Membuat Rasulullah Tersenyum

  1. Alhamdulillah terimakasih atas kisah rasulluloh dan sahabat sahabatnya semoga Allah membalas dengan pahala yg besar buat semuanya .. Aamiin ya Allah

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s