Hari Ini 62 Tahun yang Lalu: Konferensi Asia Afrika (KAA)

 

26 Sya’ban 1374 H / 18 April 1955 M

Pasca berakhirnya perang dunia II pada Agustus 1945, negara-negara dunia ketiga semakin bangkit dan menggelorakan perjuangan mereka untuk memperoleh kemerdekaan. Maka timbulah berbagai konflik dan pergolakan di berbagai negeri seperti di Korea, Vietnam, Palestina, Yaman, Daratan China, Afrika, dan Indonesia.

Muncul pula perang dingin antara dua blok yang saling berseberangan ideologi maupun kepentingan, yaitu Blok Barat yang dipimpin Amerika dan Blok Timur yang dipimpin Uni Sovyet. Mereka saling berlomba membangun persenjataan modern, sehingga situasi dunia diliputi kecemasan.

Kondisi tersebutlah yang mendorong negara-negara yang baru merdeka untuk menggalang persatuan dan mencari jalan keluar demi meredakan ketegangan dunia dan memelihara perdamaian.

Pada 28 April – 2 Mei 1954 diadakanlah pertemuan di Colombo (Srilanka) yang kemudian dikenal dengan nama Konferensi Colombo, hasil dari pertemuan tersebut adalah kesepakatan untuk menyelenggarakan konferensi lanjutan antar negara-negara Asia – Afrika.

Pertemuan selanjutnya diadakan di Bogor (Indonesia) pada tanggal 28-31 Desember 1954 yang dihadiri oleh lima negara pelopor, yaitu:

  1. Indonesia, diwakili oleh Perdana Menteri Mr. Ali Sastroamijoyo.
  2. India, diwakili oleh Perdana Menteri Shri Pandit Jawaharlal Nehru.
  3. Pakistan, diwakili oleh Perdana Menteri Mohammad Ali Jinnah.
  4. Srilanka, diwakili oleh Perdana Menteri Sir John Kotelawa.
  5. Burma (sekarang Myanmar), diwakili oleh Perdana Menteri U Nu.

Dalam pertemuan ini, dibahas mengenai persiapan penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika (KAA) yang bertujuan: membicarakan kepentingan bersama negara-negara Asia Afrika; meningkatkan kerjasama dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya; membicarakan kedaulatan negara, imperialisme, dan masalah-masalah rasialisme; membicarakan kedudukan negara-negara Asia Afrika dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia.

Konferensi Asia Afrika dilaksanakan dilaksanakan di Bandung pada tanggal 18-25 April 1955. Konferensi ini berlangsung di Gedung Merdeka yang sekarang terletak di Jalan Asia Afrika, Bandung. Konfrensi yang dibuka secara resmi oleh Presiden Sukarno pada tanggal 18 April 1955 ini dihadiri oleh 29 negara, dan dan 6 diantaranya adalah negara-negara Afrika.

Ke-29 negara peserta Konferensi Asia Afrika di Bandung tersebut antara lain: Afganistan, Yordania, Saudi Arabia, Burma, Kamboja, Srilanka, Jepang, Laos, Sudan, Ethiopia, Libanon,  Suriah, Filipina, Liberia, Turki, Ghana, Libya, Vietnam Selatan, India, Thailand, Vietnam Utara, Indonesia, Mesir, Yaman, Irak, Nepal, Pakistan, Iran, dan RRC.

Hasil Konferensi Asia Afrika yang paling penting adalah telah terjadinya suatu kerjasama di antara negara-negara Asia Afrika. Selain itu, pertemuan KAA telah berhasil pula merumuskan sepuluh asas yang tercantum dalam Dasasila Bandung.  Dalam Dasasila Bandung, tercermin penghargaan terhadap hak asasi manusia, kedaulatan semua bangsa, dan perdamaian dunia. Dan berikut adalah isi Dasasila Bandung.

Dasasila Bandung

  1. Menghormati hak-hak asasi manusia sesuai dengan Piagam PBB.
  2. Menghormati kedaulatan wilayah setiap bangsa.
  3. Mengakui persamaan semua ras dan persamaan semua bangsa baik besar maupun kecil.
  4. Tidak melakukan campur tangan dalam soal-soal dalam negara lain.
  5. Menghormati hak tiap-tiap bangsa untuk mempertahankan diri secara sendirian atau secara kolektif.
  6. Tidak melakukan tekanan terhadap negara lain.
  7. Tidak melakukan agresi terhadap negara lain.
  8. Menyelesaikan masalah dengan jalan damai.
  9. Memajukan kerjasama dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya.
  10. Menghormati hukum dan kewajiban-kewajiban internasional.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s