Takhrij Al-Ma’tsurat (Bag. 3)

sunsetAdab Berdzikir

Ketahuilah wahai saudaraku, bahwa yang dimaksud dzikir bukan hanya dzikir ucapan, tetapi taubat itu merupakan dzikir, tafakkur itu dzikir, menuntut ilmu itu dzikir, mencari rezeki dengan niat baik itu dzikir, dan segala sesuatu yang anda lakukan dengan perasaan dilihat serta diawasi Allah ‘Azza wa Jalla adalah dzikir. Oleh karena itu orang yang mengenal Allah adalah orang yang selalu berdikir di setiap kesempatan. Agar dzikir berkesan di hati, maka harus diperhatikan adab-adabnya. Jika tidak, maka dzikir hanya sebatas kata-kata yang tidak mempunyai pengaruh. Para ulama menyebut beberapa adab terpenting dan paling utama untuk dijaga, yaitu:

اَلْخُشُوْعُ وَالتَّأَدُّبُ، وَاسْتِحْضَارُ مَعَانِيِّ الصِّيَغِ، وَمُحَاوَلَةُ التَّأَثُّرِ بِهَا، وَمُلاَحَظَةُ مَقَاصِدِهَا وَأَغْرَاضِهَا

Khusyu’ dan sopan, menghayati makna-makna kalimat, berusaha terbawa oleh pengaruhnya, serta memperhatikan maksud dan tujuannya.

 خِفْضُ الصَّوْتِ مَا أَمْكَنَ ذلِكَ مَعَ الْيَقْظَةِ التَّامَّةِ وَالْهِمَّةِ الْكَامِلَةِ حَتَّى لاَ يُؤَثِّرَ عَلَى غَيْرِهِ.

Melirihkan suara sebisa mungkin, dengan tetap konsentrasi penuh dan bersemangat, sehingga tidak mengganggu orang lain.

Adab ini diisyaratkan oleh ayat yang mulia, yaitu firman Allah,

وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعاً وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالآصَالِ وَلا تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِينَ

“Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.” (QS. Al-A’raf: 205)

  .3مُوَافَقَةُ الْجَمَاعَةِ إِنْ كَانَ الذِّكْرُ مَعَ جَمَاعَةٍ فَلاَ يَتَقَدَّمُ عَلَيْهِمْ وَلاَ يَتَأَخَّرُ عَنْهُمْ وَلاَ يَبْنِي عَلَى قِرَاءَتِهِمْ، بَلْ إِنْ حَضَرَ وَقَدْ بَدَءُوا ابْتَدَأَ مَعَهُـمْ مِنْ أَوَّلِ صِيْغَةٍ ثُمَّ قَضَى مَا فَاتَـهُ بَعْدَ انْتِهَائِهِ، وَإِنْ تَأَخَّرَ عَنْهُمْ فِي أَثْنَاءِ الْقِرَاءَةِ قَرَأَ مَـا فَـاتَـهُ وَأَدْرَكَهُمْ، وَلاَ يَبْنِي عَلَى قِرَاءَتِهِمْ أَصْلاً، لِئَلاَّ يَكُوْنَ بِذلِـكَ قَـدْ حَرَّفَ الْقِرَاءَةَ وَغَيَّرَ الصِّيَغَ، وَذلِكَ حَرَامٌ اتِّفَاقًا.

Seirama dengan jamaah, jika dzikir dilaksanakan secara berjamaah. Jangan mendahului j a m a a h, ataupun  memperlerlambat dari mereka, dan jangan pula mengikuti bacaan mereka. Apabila ia datang sementara mereka telah memulai, maka hendaklah memulai membaca bersama mereka dengan awal lafadz, kemudian melanjutkan apa yang belum dia baca setelah berakhir. Jika ia terlambat di tengah-tengah mereka membaca dzikir, hendaklah ia baca apa yang telah lewat kemudian menyusul bacaan mereka, dan jangan langsung mengikuti bacaan mereka. Hal ini agar tidak menyelewengkan bacaan atau mengubah susunan. Sebab ulama sepakat bahwa tindakan seperti itu haram.

 اَلنَّظَافَةُ فِي الثَّوْبِ وَالْمَكَانِ، وَمُرَاعَاةُ اْلأَمَاكِنِ الْمُحْتَرِمَةِ وَاْلأَوْقَاتِ الْمُنَاسَبَةِ، حَتَّى يَكُوْنَ ذلِكَ أَدْعَى إِلَى اجْتِمَاعِ هِمَّتِهِ، وَصَفَاءِ قَلْبِهِ، وَخُلُوْصِ نِيَّتِهِ.

Bersih pakaian dan tempat, memperhatikan tepat-tempat yang terhormat dan waktu-waktu yang sesuai. Sehingga lebih kondusif untuk kosentrasi, kejernihan hati, dan ketulusan niat.

      اْلاِنْصِرَافُ فِي خُشُوْعٍ وَأَدَبٍ، مَعَ اجْـتِنَابِ اللُّغَطِ وَاللَّهْوِ الَّذِي يُذْهِبُ بِفَائِدَةِ الذِّكْرِ وَأَثَرِهِ.

Meninggalkan tempat dzikir dengan khusu’ dan sopan, serta menjauhi keributan dan main-main yang dapat menghilangkan faedah dan pengaruh dzikir.

Jika seorang memperhatikan adab-adab ini, niscaya ia akan bisa  mengambil manfaat dari apa yang ia baca dan akan merasakan pengaruh dzikirnya; berupa kelezatan dalam hatinya, cahaya untuk ruhaninya, kelapangan dalam dadanya, dan limpahan (rahmat) dari Allah Ta’ala, insya Allah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s