Tasamuh

tasamuhKH Idham Chalid (Pimpinan PBNU) pernah satu kapal dengan Buya Hamka (tokoh Muhammadiyah) dalam suatu perjalanan haji. Saat waktu shalat shubuh tiba, KH Idham Chalid dipersilakan maju sebagai imam shalat, sedangkan Buya Hamka menjadi makmum. Ternyata pada rakaat ke dua, KH Idham tidak ber-qunut subuh sebagaimana biasa dilakukan kalangan NU yang menganggapnya sunnah. Semua makmun mengikutinya dengan patuh walau ada yang mengganjal di hati.

Keesokan harinya, saat waktu shalat shubuh tiba, Buya Hamka yang menjadi imam. Giliran KH Idham Chalid menjadi makmum. Ketika rakaat kedua, ternyata Buya Hamka mengangkat kedua tangannya lalu membaca doa qunut yang bagi kalangan Muhammadiyah qunut subuh tidaklah dianggap sunnah.

* * * *

Di suatu Jum’at, KH Abdullah Syafii mengunjungi Buya Hamka di Masjid Al-Azhar. Tempat dimana Buya biasa memimpin pelaksanaan ibadah sehari-hari dan pengajian sejak 1958. Hari itu seharusnya Buya yang menjadi khatib. Tapi, sebagai penghormatan kepada sahabat dan sekaligus tamunya, beliau dengan santun meminta Abdullah Syafii menjadi khatib.

Hal menarik terjadi. Saat itu, adzan Juma’t dikumandangkan dua kali. Padahal, siapapun tahu, di masjid Al-Azhar adzan Jum’at biasanya hanya dikumandangkan satu kali. Rupanya, Buya Hamka menghormati Abdullah Syafii, sebab melaksanakan adzan dua kali pada shalat Jum’at adalah pendapat yang dipegang oleh sahabatnya itu

* * * *

Dari dua fragmen di atas nampak jelas kepada kita, bagaimana sikap tasamuh (toleran) yang dibangun para ulama kita pada masa lalu. Sikap tasamuh seperti ini hendaknya dapat terus dikembangkan di tengah-tengah umat, agar suasana damai dan saling menghargai semakin kokoh.

Tentu saja semuanya harus dilakukan dengan dilandasi ilmu yang benar, sehingga tasamuh yang diimplementasikan adalah sikap tasamuh yang proporsional.

gif-iklan-ebook-madah-tarbiyah

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s