Timeline Sirah Nabi Muhammad (Bag. 2)

makkahMasa Kenabian (Periode Makkah)

610 M: Turunnya wahyu pertama di gua Hira. Setelah itu tiga tahun lamanya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam berdakwah secara siriyyah (tertutup dan sembunyi-sembunyi). Pada masa inilah bergabungnya muslimin angkatan pertama (Khadijah, Zaid bin Tsabit, Ali bi Abi Thalib, Abu Bakr, Utsman bin Affan, Thalhah bin Ubaidillah, Sa’ad bin Abi Waqash, Waraqah bin Naufal, Zubair bin Awwam, Abu Dzar Al-Ghifari, Umar bin Anbasah dan Sa’id bin Al-‘Ash.

Berita munculnya agama baru didengar oleh pemimpin-pemimpin Quraisy, akan tetapi mereka tidak menaruh perhatian.

613 M: Deklarasi dakwah Islam di bukit Shafa mengundang masyarakat Quraisy. Dakwah terbuka ini dimulai setelah turun QS. Asy-Syu’ara: 14. Rasulullah memulai seruannya kepada kaum kerabatnya yang terdekat. Akan tetapi kebanyakan kerabatnya tersebut merasa enggan bahkan ada yang menentangnya dengan keras seperti Abu Lahab yang nama aslinya adalah Abdul Uzza.

614 – 616 M: Terjadi penindasan kaum muslimin oleh orang-orang Quraisy. Tokoh-tokoh Quraisy  melakukan penentangan, karena mereka mulai merasa terancam (pengaruh dan kekuasaannya). Ajaran tauhid, kepercayaan kepada akhirat, pembersihan jiwa, dan pembelaan kepada kaum lemah  amat memekakkan telinga mereka. Mereka lalu melakukan upaya-upaya penumpasan dakwah Islam:

Pertama, dengan cara menghasut masyarakat agar tidak menyenangi Islam (Abdul Uzza [Abu Lahab] menghasut kalangan laki-laki dan Aura [Ummu Jamil] menghasut kalangan wanita).

Kedua, mengajak kompromi—tepatnya menyuap Nabi—agar berhenti dari dakwah, yang ditawarkan adalah harta, tahta dan wanita

Ketiga, melakukan upaya tasykik (menanamkan keraguan) kepada para pengikut Islam (lihat Ar-Ra’du: 43), tapi hal itu tidak berhasil menyurutkan tekad Nabi.

Keempat, menggunakan cara kekerasan, yakni dengan menyiksa para pengikut Islam yang lemah (mereka yang tidak memiliki kabilah pelindung seperti: Bilal bin Rabah, Sumayyah, Amr bin Yasir, Yasir, dll.)

Kelima, menekan Abu Thalib yang selalu  melindung Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Keenam, melakukan penghinaan (mengejek saat Nabi beribadah, menyimpan kotoran di muka rumah Nabi, melempar kotoran, menjerat leher Nabi, menaburkan kotoran dan tanah ke kepala Nabi, dll.)

Ketujuh, menyebarkan berita-berita bohong tentang Islam kepada para pemimpin kabilah (Contoh: menyebut Muhammad sebagai penyihir, penyair, peramal, dukun, dll).

Akhirnya sebagian kaum muslimin hijrah ke Abyssinia (Habasyah). Sementara itu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam semakin gencar mendakwahkan Islam, diantaranya dengan memperkenalkan Islam kepada kabilah-kabilah yang datang ke Mekkah. Pada masa inilah diantaranya Nabi mendakwahi kabilah Aus dan Khazraj dari Madinah. Dikirimlah duta dakwah Islam ke sana, yaitu Mus’ab bin Umair. Beberapa waktu kemudian terjadilah peristiwa baiat Aqabah I (pernyataan berkomitmen kepada Islam) dan baiat Aqabah II (pernyataan kesiapan melindungi dan membela dakwah Islam).

617 M: Terjadi pemboikotan terhadap Bani Hasyim dan kaum muslimin oleh Quraisy. Para pemuka Quraisy sepakat untuk tidak mengadakan jual beli, kawin mengawini dan transaksi lainnya dengan mereka. Pemboikotan berlangsung 3 tahun .

619 M: Penghentian pemboikotan. Pada tahun ini pula Abu Thalib dan Khadijah wafat. Tahun ini dikenal dalam sejarah Islam sebagai tahun duka cita (amul huzni). Tekanan-tekanan Quraisy berlangsung lebih brutal karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak  memiliki seseorang yang dapat melindunginya.

620 M: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdakwah ke Thaif dengan harapan dapat membujuk Bani Tsaqif untuk memberikan perlindungan dan pembelaan dari keganasan kafir Quraisy. Akan tetapi yang terjadi adalah sebaliknya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam malah dihinakan. Beliau kembali lagi ke Mekkah dengan cara mendapatkan jiwar (suaka) dari Muth’im bin Adiy. Dalam kedukaan yang mendalam seperti inlah Nabi dihibur oleh Allah Ta’ala dengan peristiwa Isra dan Mi’raj.

(Bersambung…Insya Allah)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s